INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
· Membandingkan 2 buah AntarMuka dengan Prinsip-Prisip Perancangan AntarMuka Pengguna.
A. Antarmuka Yang dibandingkan adalah Program Silsilah Keluarga
a. Family Tree
b. Family Tree Pilot 1.04
B. Prinsip-Prinsip Perancangan Antarmuka
• Aksesibilitas (Operabilitas dan Perseptibilitas)
• Visibilitas
• Kesederhanaan
• Efisiensi
• Konsistensi
• Prediktabilitas
• Kontrol dan Fleksibilitas
• Respon terhadap pengguna
• Penanganan kesalahan
• Kejelasan arti dan tujuan setiap komponen pembentuk sistem
• Kejelasan tentang keterkaitan antar komponen sistem secara keseluruhan
• Enak dipandang
• Kesan pertama yang positif
• Trade-Off
C. Perbandingan Antarmuka Menurut Prinsip Perancangannya
1. Aksesibilitas (Operabilitas dan Perseptibilitas)
Aksesibilitas merupakan prinsip yang menekankan agar antarmuka dapat diakses oleh berbagai pengguna dengan kemampuan yang berbeda-beda secara visual, auditori, fisik dan kognitif serta berbeda pengalaman ataupun cara menyikapi teknologi.
• Operabilitas : dapat dioperasikan oleh kemampuan fisik manusia.
• Perseptabilitas : dapat diterima dan dipahami oleh kemampuan sensori manusia.
a. Familiy Tree
Dari tampilan awal, User sudah dimudahkan dengan tampilan input nama nenek dari sisi ibu kita, dan mudah dipahami oleh user yang awam sekalipun.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada tampilan awal, Pengguna sudah dimudahkan dengan pilihan-pilihan atas konfigurasi pembuatan silsilah keluarga seperti penambahan dan pengeditan silsilah, tapi cukup rumit bagi pengguna yang masih awam.2. Visibilitas
Merupakan prinsip yang memperlihatkan status sistem dan metode penggunaan sistem dengan jelas.
a. Familiy Tree
Pada software ini, tidak terdapat kejelasan penggunaan sistemnya dikarenakan pengguna hanya dihadapkan pada pengisian nama anggota keluarga.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, penggunaannya sudah lumayan jelas dikarenakan pada setiap opsi terdapat penjelasannya.
3. Kesederhanaan
merupakan prinsip menyediakan antarmuka yang sesederhana mungkin, dengan cara :
• menggunakan penguakan progresif (progressive disclosure), menyembunyikan sesuatu hingga ia digunakan
• menyajikan fungsi yang umum dan perlu terlebih dahulu
• menyediakan hirarki visual yang jelas
• menyediakan default
• menyediakan keseragaman dan konsistensi
• mengeliminasi elemen yang tidak perlu.
• memungkinkan pengguna untuk fokus pada tugas / pekerjaannya, tanpa harus memikirkan mekanisme antarmuka.
• menyembunyikan cara kerja di dalam komputer dan komunikasi proses komputer.
• tidak menggunakan terlalu banyak kode dan istilah teknis.
a. Familiy Tree
Pada software ini, Sistemnya sangat sederhana, hal itu terlihat pada proses pembuatan silsilahnya, dimana pengguna hanya perlu memasukkan nama anggota keluarga saja.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, lumayan memenuhi prinsip kesederhanaan, hal itu dikarenakan masih banyaknya pilihan-pilihan konfiigurasi yang sedikit rumit karena didalam pilhan awal terdapat pilihan berikutnya.
4. Efisiensi
Merupakan Prinsip yang menekankan pada minimasi pergerakan mata dan tangan serta aksi kendali lain.
• pengorganisasian sistem hendaknya sesuai dengan tugas-tugas yang dilakukan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya.
• struktur dan aliran fungsi hendaknya memungkinkan transisi yang mudah antar beberapa tugas.
• jalur navigasi hendaknya sependek mungkin. Pengguna tidak boleh dipaksa untuk bernavigasi antar aplikasi atau antar banyak layar untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.
• pergerakan mata ketika melihat layar hendaknya berurutan.
a. Familiy Tree
Pada software ini, sangat memenuhi prinsip efisiensi dimana pengguna tidak perlu melakukan klik terlalu banyak dan tampilannya hanya pada layar yang sama saja.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, tidak terlalu memenuhi prinsip efisiensi, hal itu dikarenakan masih banyaknya pilihan-pilihan konfiigurasi yang sedikit rumit dalam pembuatan silsilah keluarga sehingga bagi pengguna masih diperlukan waktu yang ekstra, apalagi bagi pengguna yang masih awam.
5. Konsistensi
• Konsistensi dengan dunia nyata : Penggunaan konvensi dan aturan yang sama dengan yang ada di dunia nyata.
• Konsistensi internal :
Penggunaan konvensi dan aturan yang sama untuk semua aspek sebuah antarmuka, meliputi :
– prosedur operasi dan navigasi
– identitas visual atau tema
– pengorganisasian, penyajian, penggunaan dan lokasi komponen
• Konsistensi eksternal
– Penggunaan konvensi dan aturan yang sama untuk semua antarmuka-antarmuka yang berhubungan.
– Bedakan hanya bila jelas manfaatnya bagi pengguna.
# Familiy Tree dan Family Tree Pilot 1.04
Pada kedua program ini sama-sama belum begitu memenuhi dari prinsip konsistensi karna keduanya masih belum memiliki kesamaan aturan dengan dunia nyata.
6. Prediktabilitas
• Pengguna hendaknya mengantisipasi progresi natural dari setiap tugas.
• menyediakan elemen layar yang dapat dibedakan dan dikenali
• menyediakan petunjuk / gambaran tentang hasil dari aksi yang akan dilakukan
• Tidak membungkus atau menggabungkan aksi.
• Semua ekspektasi hendaknya benar-benar terpenuhi.
a. Familiy Tree
Pada software ini, tidak memenuhi dari prinsip prediktabilitas dikarenakan masih banyaknya ekspektasi pengguna yang belum bisa dipenuhinya seperti konfigurasi terhadap pembuatan silsilah tersebut.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, sudah memenuhi prinsip prediktabilitas karna pada software ini selurh ekspektasi pengguna terpenuhkan dengan beragamnya pilihan kustomisasi pengaturan silsilah keluarga dan semua proses yang sedang dikerjakan juga disertakan petunjuk.
7. Kontrol dan Fleksibilitas
· Pengguna harus memegang kendali interaksi
• aksi dihasilkan dari permintaan pengguna
• aksi dilaksanakan dengan cepat
• aksi dapat diinterupsi dan dihentikan oleh pengguna
• Konteks harus berasal dari perspektif pengguna
• Upaya mencapai tujuan harus fleksibel dan
• kompatibel dengan kemampuan, pengalaman dan kesukaan pengguna.
• Menghindari penggunaan mode karena membatasi aksi yang disediakan untuk pengguna.
• Memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi aspek- aspek antarmuka, namun disamping itu sistem tetap menyediakan pengaturan default.
a. Familiy Tree
Pada software ini, tidak memenuhi dari prinsip ini dikarenakan proses nya tidak diatur oleh pengguna, pengguna hanya dihadapkan pada inputan nama saja, dan kemudian setelah itu barulah hasilnya jadi.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, sudah memenuhi prinsip ini, karna pada prinsip ini pengguna dapat melakukan pengaturan-pengaturan atas apa yang akan dikerjakannya, aksi-aksi yang terdapat dalam program diatur oleh pengguna itu sendiri.
8. Respon terhadap pengguna
• Sistem harus menanggapi permintaan pengguna dengan cepat.
• Sistem menyediakan pemberitahuan segera (secara visual, tekstual ataupun auditori) atas segala tindakan pengguna
a. Familiy Tree
Pada software ini, tidak memenuhi dari prinsip ini dikarenakan sama dengan pada prinsip sebelumnya dimana pengguna tidak dapat melakukan pengaturan-pengaturan
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, sudah memenuhi prinsip ini, karna juga sama pada prinsip sebelumnya dimana pengguna dapat melakukan pengaturan dan pada setiap aksi yang dijalankan terdapat pemberitahuan kepada pengguna.
9. Penanganan kesalahan
Forgiveness
• Toleransi dan memaafkan kesalahan manusia yang umum dan tidak bisa dihindari
• Mencegah terjadinya error.
• Melindungi dari bencana besar.
• Menyediakan pesan yang membangun ketika kesalahan (error) terjadi.
Recovery
• Sistem hendaknya memungkinkan perintah atau aksi dibatalkan atau dikembalikan.
• kembali dengan segera ke keadaan tertentu jika ditemui kesulitan.
• memastikan pengguna tidak pernah kehilangan hasil pekerjaannya akibat terjadinya kesalahan oleh pengguna atau terjadinya masalah pada perangkat keras & perangkat lunak
Safety
• melindungi pengguna dari melakukan kesalahan (mistake).
• menyediakan petunjuk, pengingat (dukungan memori bagi pengguna), daftar pilihan dan bantuan lainnya. Tidak mengandalkan pengguna untuk mengingat suatu hal.
a. Familiy Tree
Pada software ini, tidak memenuhi dari prinsip ini dikarenakan tidak terdapatnya penanganan kesalahan jika terjadi suatu kesalahan seperti back, undo atau sejenisnya, sehingga jika terjadi kesalahan pengguna harus memulai dari awal.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, sudah memenuhi prinsip ini, karna terdapat fasilitas update pada data yang terdapat kesalahan.
10. Kejelasan arti dan tujuan setiap komponen pembentuk sistem
Antarmuka hendaknya jelas secara visual, konseptual, dan lingustik meliputi :
elemen visual
fungsi
metafor
kata dan teks
a. Familiy Tree
Pada software ini, tidak memenuhi dari prinsip ini , meskipun dalam form pengisiannya sudah jelas nama siapa yang akan diisi akan tetapi menurut kejelasan dari fungsi program masih belum jelas.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, sudah memenuhi prinsip ini, karna sudah jelas akan data-data yang diisi seperti tanggal lahir, nama, dan sebagainya, dan secara kejelasan fungsi, software ini sudah dapat dikatakan sangat jelas.
11. Kejelasan tentang keterkaitan antar komponen sistem secara keseluruhan
• Sistem hendaknya mudah dipelajari dan dimengerti. seorang pengguna hendaknya mengetahui hal-hal berikut : apa yang akan dilihat, apa artinya, apa yang akan dilakukan, kapan dilakukannya, dimana dilakukannya, kenapa melakukannya, bagaimana melakukannya
• Aliran tindakan, respon, presentasi visual dan informasi hendaknya dalam urutan yang masuk akal sehingga mudah untuk ditempatkan di dalam konteks.
a. Familiy Tree
Pada software ini, sudah memenuhi dari prinsip ini dimana pengguna yang awam sekalipun akan mengerti cara penggunaanya, akan tetapi pada program ini pengguna sedikit kebingungan mengenai kejelasan informasi yang akan dimasukkan karna Cuma ada pengisian nama saja.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, sudah memenuhi prinsip ini, akan tetapi masih belum begitu jelas cara penggunaan dari program ini, dan bagaimana sistematis cara kerja dari program dalam membuat silsilah
12. Enak dipandang
• menyediakan kontras (yang mempunyai arti) antar elemen layar.
• membuat pengelompokan.
• meratakan posisi elemen layar.
• menyajikan dalam bentuk 3 dimensi.
• menggunakan warna dan grafik secara efektif dan sederhana.
a. Familiy Tree
Pada software ini, tidak begitu memenuhi prinsip ini hanya saja dalam segi efektif dan sederhana, program ini sudah lumayan, akan tetapi jika ditinjau lebih jauh lagi, program ini, masih butuh banyak penambahan elemen-elemen, seperti konfigurasi dari pengguna.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, tidak begitu memenuhi dari prinsip ini, karna masih banyaknya menu yang tidak begitu rapi, dan dalam segi warna dan grafik, software ini bisa menjadi sangat buruk, karna dalam program ini masih terlihat kaku dalam penggunaan grafik dan warna.
13. Kesan Pertama yang positif
• Prinsip yang menekankan agar pengguna mau untuk menggunakan kembali setelah penggunaan pertama
a. Familiy Tree
Pada software ini, sama sekali tidak memenuhi dari prinsip ini, karna setelah penggunaan pertama, pengguna akan mungkin meninggalkan dan tidak menggunakannya lagi dikarenakan disamping hanya menarik dari segi tampilan, dalam segi fungsi program, program ini bisa dikatakan program yang gagal, dan hanya diperuntukkan digunakan sekali saja.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, juga tidak begitu memenuhi dari prinsip ini, dikarenakan disamping dari fungsi programnya yang sudah lumayan sempurna akan tetapi dari segi tampilan masih terlihat membosankan dalam penggunaanya karna tidak ditunjang dengan warna dan grafik yang enak dipandang.
14. Trade-Off
• Mempertimbangkan baik buruknya penerapan prinsip-prinsip yang saling berlawanan dan mengutamakan suatu prinsip dibandingkan prinsip yang lain, jika diperlukan.
a. Familiy Tree
Pada software ini, lebih menerapkan prinsip enak dipandang, dan kesederhanaan serta efisiensi sehingga tidak memperhatikan prinsip-prinsip lainnya yang berkaitan dengan fungsi utama dari program yang bertujuan untuk membuat silsilah keluarga.
b. Family Tree Pilot 1.04
Pada Software ini, kebalikan dari software pembandingnya dimana pada program ini hanya mengutamakan prinsip-prinsip aksesibilitas, prediktabilitas, kontrol, fleksibilitas dan lainnya dan tidak memperhatikan pada prinsip-prinsip lainnya yang berkaitan dengan fungsi antarmukanya yaitu untuk menarik dan enak dipandang sehingga pengguna tidak bosan dalam menggunakannya, akan tetapi prinsip-prinsip tersebut kurang diperhatikan.
Kesimpulan
Dari dua buah contoh antarmuka yang sudah dibahas berdasarkan 14 prinsip umum perancangan antarmuka pengguna, dapat disimpulkan bahwa :
- Kedua antarmuka tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
- Masih diperlukannya pengembangan pada kedua antarmuka tersebut, terlebih pada antarmuka FamilyTree.
- Setiap antarmuka dan semua antarmuka yang ada tidak bisa memenuhi semua prinsip perancangan antarmuka dikarenakan setiap prinsip perancangan bertolakbelakang pula pada prinsip yang lainnya seperti prinsip Kesederhanaan yang bertolakbelakang dengan prinsip Efisiensi.
0 komentar:
Posting Komentar